Sabtu, 15 Oktober 2016

On 11.35 by ....   No comments

Tagline dari sebuah produk kerap kali menjadi semacam pengenal yang melekat dan tak terpisahkan dari sebuah produk. Mari kita ingat Nike dengan tagline “Just do it” atau Apple dengan tagline “think different”.

Kali ini saya tertarik dengan sebuah tagline panjang dari sebuah biro umroh yang beralamat di www.dakwahwisata.com tagline mereka adalah “Melayani Sepenuh Hati Bersama Meraih Ridho Illahi”. Jika kita perhatikan core bisnisnya adalah penyedia paket perjalanan umroh dan haji khusus. Maka tagline ini berasa sangat pas.

Di satu sisi mereka menunjukkan peran sebagai “pelayan” atau penyedia jasa, maka muncul kalimat “Melayani Sepenuh Hati”. Pada dimensi kedua mereka menunjukkan dimensi religius sebagai penyedia paket perjalanan ibadah, maka muncullah kalimat “Bersama Meraih Ridho Illahi”.
Namun sebagai awam saya punya beberapa kritik atas tagline ini :

  •     Tagline masih terasa sangat panjang, tidak memory-friendly alias tidak gampang diingat. Andai ada opsi dipersingkat ada baiknya tagline ini dipersingkat. Ada beberapa ide yang terlintas di pikiran saya. Tapi tentu saya tak akan memberikannya secara cuma-cuma.
  •      Tagline masih sangat umum, tidak ada sisi keunikan dalam tagline. Misal saja ada biro perjalanan umroh membuat tagline “Bukan Umroh Biasa”, bagi saya ini baru unik. Pasti banyak juga yang ingin tahu apa ini ?

  • Secara keseluruhan tagline ini accepted sebagai sebuah tagline yang mewakili misi dari perusahaan, tapi belum memiliki efek wow. 

0 komentar:

Posting Komentar